Ai PEMBINAAN KARAKTER ANAK TK DENGAN PENDEKATAN SPIRITUAL IKATAN GURU BUSTANUL ATHFAL BANYUMAS

Zakiyah Zakiyah, Darodjat Darodjat

Abstract


Pengabdian judul “Pembinaan Karakter Anak TK dengan pendekatan spiritual Ikatan Guru Bustanul Athfal Aisyiyah Banyumas†bertujuan untuk membekali mitra dengan 1) pemahaman akan pembinaan karakter anak TK dengan pendekatan spiritual, 2) mitra mempunyai kemampuan dan ketrampilan tentang pembinaan karakter anak TK dengan pendekatan spiritual dan 3) mitra mampu praktek pembinaan karakter anak TK dengan pendekatan spiritual. Mitra yang dilibatkan para guru TK yang tergabung dalam Ikatan Guru Bustanul Athfal Aisyiyah Banyumas. Metode pelaksanaan dengan menggunakan metode komprehensif, dalam arti melibatkan mitra sejak awal pelaksanaan sampai akhir pengabdian. Dengan cara mengajak mitra mengidentifikasi persoalan-persoalan yang menyangkut kesulitan mitra dalam hal pembi naan kar akt er anak TK dengan pendekatan spiritual. Disamping itu melibatkan mitra untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan dengan cara
memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mitra untuk aktif dalam kegiatan. Hasil implementasi pendekatan spiritual dalam pembinaan karakter anak usia Taman Kanak-Kanak diawali dari guru yang melandasi aktivitas pembinaannya dengan spiritualitas, membina anak dengan niat ibadah, pengamalan agama dalam kehidupannya dan menghiasi diri dengan akhlaqul karimah. Selanjutnya guru
memberikan contoh kongkrit/ guru menjadi uswah khasanah bagi anak dalam pengamalan nilai-nilai agama baik ketika guru di dalam kelas maupun di luar kelas, seorang guru yang mengajar dengan hati ikhlas, kasih sayang, totalitas dan profesional. Pengabdian juga menghasilan 1) bertambahnya pemahaman mitra tentang pembinaan karakter anak usia TK dengan pendekatan spiritual dibuktikan dari hasil wawancara dengan peserta 90 % mengatakan bertambah , 2) tingkat kemampuan dan ketrampilan mitra akan pembinaan karakter anak usia TK dengan pendekatan spiritual bertambah meningkat dan 3) mitra mampu praktek pembinaan karakter anak usia TK dengan pendekatan spiritual sebanyak 85 %.


Keywords


Pembinaan; karakter anak; Pendekatan spiritual

References


Aqib , (2011), Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak usia Dini ), Bandung; Nuansa Aulia

Hidayat, (2009), Pendidikan anak usia Dini, Jakarta, Pustaka Pelajar

Kokom Siti Komariah , (2011), Model Pendidikan Nilai Moral bagi Para Remaja Menurut Perspektif Islam, Jurnal Pendidikan UPI Volume 9

Lickona, Thomas, (2013), Pendidikan Karakter, Bandung, Nusa Media.

Muthoifin dan Mutohharun Jinan, (2015), Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara; Studi Kritis Pemikiran Karakter dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam, PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, Vol. 16, No. 2, Desember 2015

Putri, Rizky, Kentar Budhojo , (2013), Pembiasaan Perilaku Moral untuk Anak Usia Dini pada Program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelompok BKB Melati Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, Journal. UM Malang

Permendiknas , (2009), Nomor 58 Tahun 2009, Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada anak usia Taman kanak-Kanak

Rohana, (2010), Pendidikan Spiritual, Jakarta, Bumi Aksara.

Salahuddin, Anas, Irwanto, (2013), Pendidikan Karakter, Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa, Bandung ; Pustaka Setia.


Full Text: PDF

ISSN: 2963-2145