PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar pengaruh penggunaan gadget, terhadap pembentukan karakter anak usia dini, yang dilakukan di salah satu lembaga yaitu Taman Kanak-kanak (TK) UMP Dukuhwaluh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode yang berupa narasi atau kata-kata tertulis. Dari metode ini, sampel yang akan diteliti pengaruhnya adalah anak kelompok B2 yang terdiri dari 21 anak. Dimana munculnya karakter seseorang, dapat dilihat dari pembiasaan yang dilakukan dalam kehidupan. Di era globalisasi saat ini, teknologi semakin canggih dan dapat menjadi pendukung kegiatan manusia. Kemajuan teknologi tersebut, menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter seseorang, termasuk pada anak usia dini. Sifat-sifat atau ciri-ciri karakter menurut de Jong : 2017, itu setidaknya bersifat stabil, namun bisa diubah, misalnya dengan sebuah latihan intensif. Begitu juga berbagai pengalaman dari lingkungannya dapat berpengaruh pada pembentukan karakter siswa. Sehingga dengan adanya pola pembelajaran atau metode tertentu, diharapkan mampu untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter anak usia dini.
Keywords
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2018). Hasil surveu Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia 2018 didunduh dari apjii.or.id diakses pada 17 Oktober 2019.
Budiningsih, A. (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chusna, Puji A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. STIT Al-Muslibun. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17, No.2.
De Jong, Willem. (2). Pendekatan Pedagogik & Didaktik Pada Siswa Dengan Masalah Dan Gangguan Peilaku. Jakarta: Prenada Media.
Hariyanto., Samani, Muchlas. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://dosenpsikologi-com. Diakses tanggal 13 Oktober 2019
Sinta. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Sujadi, Imam., Sunardi., Sutama, I Wayan. (2017). Pengembangan Dan Karakteristik Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Sutinah., Suyanto, B. (2005). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.
ISSN: 2963-2145
Tanggal Penting: |
Pendaftaran & Batas Akhir Pengumpulan Abstrak
30 November 2022
Pengumuman Abstrak Diterima
20 November 2022
Batas Akhir Pengumpulan Full Paper
30 November 2022
Batas Pembayaran
2 Desember 2022
Pelaksanaan Seminar Nasional
3 Desember 2022
Pendaftaran: |
Template: |
Download Template Artikel:
Download Surat Pernyataan Tidak Pernah di Publikasi:
Kontribusi: |
1. Pemakalah Umum
Rp. 250.000
2. Pemakalah Dosen UMP
Rp. 150.000
3. Pemakalah Mahasiswa UMP S2
Rp. 100.000
4. Pemakalah Mahasiswa UMP S1
Rp. 75.000
5. Peserta
Gratisss...
Pembayaran: |
a.n LPPM UMP
No Rek. 1792-01-002046-53-5

