PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Prajnidita Zaeny Rahmalah, Puji Astuti, Larasati Pramessetyaningrum, Susan Susan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar pengaruh penggunaan gadget, terhadap pembentukan karakter anak usia dini, yang dilakukan di salah satu lembaga yaitu Taman Kanak-kanak (TK) UMP Dukuhwaluh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode yang berupa narasi atau kata-kata tertulis. Dari metode ini, sampel yang akan diteliti pengaruhnya adalah anak kelompok B2 yang terdiri dari 21 anak. Dimana munculnya karakter seseorang, dapat dilihat dari pembiasaan yang dilakukan dalam kehidupan. Di era globalisasi saat ini, teknologi semakin canggih dan dapat menjadi pendukung kegiatan manusia. Kemajuan teknologi tersebut, menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter seseorang, termasuk pada anak usia dini. Sifat-sifat atau ciri-ciri karakter menurut de Jong : 2017, itu setidaknya bersifat stabil, namun bisa diubah, misalnya dengan sebuah latihan intensif. Begitu juga berbagai pengalaman dari lingkungannya dapat berpengaruh pada pembentukan karakter siswa. Sehingga dengan adanya pola pembelajaran atau metode tertentu, diharapkan mampu untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap pembentukan karakter anak usia dini.


Keywords


Pendidikan; pembentukan karakter; penggunaan gadget; dan anak usia dini

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2018). Hasil surveu Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia 2018 didunduh dari apjii.or.id diakses pada 17 Oktober 2019.

Budiningsih, A. (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chusna, Puji A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. STIT Al-Muslibun. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17, No.2.

De Jong, Willem. (2). Pendekatan Pedagogik & Didaktik Pada Siswa Dengan Masalah Dan Gangguan Peilaku. Jakarta: Prenada Media.

Hariyanto., Samani, Muchlas. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://dosenpsikologi-com. Diakses tanggal 13 Oktober 2019

Sinta. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Sujadi, Imam., Sunardi., Sutama, I Wayan. (2017). Pengembangan Dan Karakteristik Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sutinah., Suyanto, B. (2005). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

ISSN: 2963-2145