PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DENGAN MODEL PENGEMBANGAN ADDIE DI KELAS XI MAN 1 LABUHANBATU UTARA

Khairunnisyah Khairunnisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memproses dan menghasilkan media pembelajaran berbasis Geogebra yang berkualitas yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 MAN 1 Labuhanbatu Utara dengan jumlah peserta didik 33 orang. Prosedur penelitian terdiri dari atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi, angket respon peserta didik dan guru, observasi keterlaksanaan penggunaan media dan aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan oleh ahli media dikategorikan “valid“ dengan nilai rata-rata 4,06 dan oleh ahli materi dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 4,02, sedangkan angket respon guru dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 4,2 dan angket respon siswa dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 4,39. Respon guru dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 90%, sedangkan respon peserta didik terhadap media dikategorikan “sangat kuat” dengan respon rata-rata 89%. Kepraktisan dalam keterlaksanaan penggunaan media dikategorikan “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,38. Aktivitas peserta didik dikategorikan “sangat aktif” dengan nilai rata-rata 3,55. Tes hasil belajar dengan nilai klasikal ketuntasan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis geogebra yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

 


Keywords


Penelitian dan pengembangan; model ADDIE; media pembelajaran; geogebra

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145