RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL REALITY PEMBELAJARAN BAHASA ARAB : DURUS AL-LUGHAH JILID I

Siti Fathimah Muthmainnah, Faisal Reza Pradhana, Dihin Muriyatmoko

Abstract


Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa wajib yang digunakan untuk percakapan sehari-hari di Universitas Darussalam Gontor. Dalam mendukung penerapan wajib berbahasa Arab di UNIDA Gontor, sudah banyak media pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan. Seperti Durus Al-Lughah berbasis mobile dengan menggunakan metode terjemah, metode langsung, bahkan telah dikembangkan dengan menggunakan Augmented Reality. Untuk pembelajaran yang lebih efektif dan terlihat lebih nyata, diperlukan pengembangan media yang menerapkan teknologi Virtual Reality. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Virtual Reality dengan metode langsung. Virtual Reality dinilai lebih efektif dalam menyampaikan informasi secara visual karena membawa pengguna kedalam interaksi fisik secara real time. Model penelitian yang digunakan adalah Waterfall yang meliputi requirement, design, implementation, verification dan maintenance. Kedepannya diharapkan aplikasi VR Durus Al-Lughah ini dapat ditingkatkan lagi dengan pembagian klasifikasi pembelajaran dari level mudah sampai tersulit agar dapat mempermudah pengguna dalam belajar.


Keywords


bahasa arab; metode langsung; virtual reality

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145