PENGEMBANGAN POTENSI UMKM SEBAGAI WUJUD KEMANDIRIAN EKONOMI MASYARAKAT

Rina Mudjiyanti, Ani Kusbandiyah, Naelati Tubastuvi, Alfalisyado Alfalisyado

Abstract


Perkembangan UMKM pasca covid-19 sempat mengalami penurunan. Namun dapat dilihat saat ini perkembangan
UMKM mulai membaik. Kebijakan pemerintah dirasa cukup efektif dalam mengembangkan UMKM. Daya serap
tenaga kerja juga sudah cukup tinggi, meski dibebrapa tempat banyak yang UMKM baru bertumbuh. Hal ini juga
didukung dengan adanya inovasi produk dan kemasan, yang dapat meningkatkan nilai jual. Produk yang baik
tentu dimulai dengan bahan baku yang halal atau sesuai dengan syariat Islam. Bukan hanya inovasi produk, namun juga melalukan promosi melalui media digital. Saat ini UMKM sudah banyak yang memasarkan produk
menggunakan marketplace dan media sosial sebagai sarana promosi tercepat di era digital. Meningkatnya
pendapatan atau omset didukung adanya pencatatan keuangan yang sudah lebih baik, sehingga pemilik atau
pengelola UMKM dapat mengetahui perkembangan usaha secara berkala. Harapan kami, semoga UMKM di desa
Kembaran dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi ke depannya dan semakin membuka peluang kerja bagi
masyarakat sekitar.


Keywords


inovasi; promosi; keuangan

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145