PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP BERSAHABAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sony Irianto, Ana Andriani, Annisa Luthfiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar
matematika dan sikap bersahabat di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent (Pretest – Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangnangka terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 42 siswa diantaranya 20
siswa kelas IVA (kelompok eksperimen) dan 22 siswa kelas IVB (kelompok kontrol). Penentuan sampel dalam
penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen
prestasi belajar siswa melalui pretest dan posttest sedangkan instrumen sikap bersahabat didapatkan dengan
angket menggunakan skala likert. Hasil analisis untuk menguji hipotesis ini dengan menggunakan uji t-test,
dimana t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: ) terdapat pengaruh antara pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar siswa dengan t-hitung = 2,633 > t-tabel = 1,684; (2) terdapat pengaruh antara pendekatan matematika realistik terhadap sikap bersahabat siswa dengan t-hitung = 2,118 > t-tabel = 1,684.


Keywords


pendekatan matematika realistik; prestasi belajar; sikap bersahabat

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145