HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK CIPTAAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKUNTANSI DI ERA GLOBAL

Laili Rasikah, Mohammad Akbar Alwi, Abdul Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hakikat manusia sebagai makhluk ciptaan dalam
pengembangan Pendidikan akuntansi di era global. (2) Bagaimana konsep atau hubungan hakikat manusia dengan
pendidikan akuntansi. (3) Upaya yang dilakukan dalam menghadapi perubahan di era global. Metode yang
digunakan adalah metode kualitatif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hakikatnya manusia
merupakan makhluk ciptaan tuhan yang dianugerahi akal budi dan hati nurani sehingga mampu membedakan baik
dan buruk serta perilakunya. Dalam hal ini pengembangan Pendidikan akuntansi membutuhkan manusia sebagai
subjek Pendidikan sekaligus objek Pendidikan. (2) Manusia adalah makhluk yang memiliki derajat yang lebih
tinggi daripada makhluk lain, kemudian Pendidikan merupakan suatu proses yang dapat mengubah suatu perilaku
dan sikap manusia dalam upaya untuk menjadi dewasa melalui pengajaran dan pelatihan dalam Pendidikan. (3)
Upaya yang bisa dilakukan seperti: Upaya pengembangan sarana dan fasilitas Pendidikan, berkompetisi dengan
kemajuan IPTEK, Meningkatkan motif berprestasi dan selalu berorientasi ke masa depan.


Keywords


Hakikat Manusia; Pengembangan Pendidikan akuntansi; Era globalisasi

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145