PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DI SMK DENGAN PENDEKATAN STEM

Akhmad Jazuli, Fitrianto Eko Subekti, Karma Iswasta Eka, Pambudi Rahardjo

Abstract


Revolusi industry 4.0 memberi ruang dunia pendidikan untuk mengembangkan inovasi sain yang didukung oleh
matematika. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencetak lulusannya untuk menjadi tenaga yang terampil
dalam mengambangkan inovasi sain. Pendekatan STEM (Science Technology Engenering Mathematics) memberi
ruang untuk pengembangan sain yang didukung oleh matematika. Tujuan Penelitian ini untuk mengembangkan
bahan ajar matematika SMK di wilayah Banyumas dengan mengambil 3 jurusan keahlian yang berbeda, yaitu
jurusan tata busana di SMK 3 Purwokerto, jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Telkom Purwokerto dan
jurusan teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang. Jenis penelitian ini adalah R&D. Pengambilan
data dengan dokumen, tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil
penelitian sebagai berikut : (1) Pelajaran matematika di SMK untuk semua kejuruan adalah sama, sehingga porsi
keterkaitan matematika dengan masing-masing materi kejuruan berbeda-beda. (2) keterkaitan materi matematika
dengan materi kejuruan Tata Busana sebesar 20% khususnya pada materi deret, SPLDV, program linier,
permutasi dan geometri transformasi. (3) keterkaitan materi matematika dengan materi kejuruan Teknik Komputer
dan Jaringan sebesar 11,1% khusunya pada materi logika dan statistika. (4) keterkaitan materi matematika dengan materi kejuruan Teknik Pemesinan sebesar 15% khusunya pada materi geometri dan deret. (5) Rancangan
handout matematika berbasis STEM untuk masing-masing kejuruan layak dikembangkan menjadi bahan ajar
matematika untuk masing-masing kejuruan.


Keywords


Bahan ajar; SMK; STEM

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145