PIRING MAKANKU: SEBAGAI UPAYA PEMBELAJARAN PORSI MAKAN ANAK BAGI IBU

Vivi Leona Amelia, Destiya Dwi Pangestika

Abstract


Tujuan kegiatan: meningkatkan pengetahuan ibu dalam menyiapkan makanan untuk anak. Ibu diajarkan cara menyiapkan makanan dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya dalam satu kali sajian makan. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen tanpa grup kontrol. Responden merupakan ibu yang memiliki anak usia sekolah, dengan jumlah yaitu 17 orang. Analisis deskriptif digunakan untuk melihat pengetahuan ibu mengenai penyiapan makanan anak, dan pengetahuan setelah diberikannya edukasi dengan media “piring makankuâ€. Hasil: terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan sebelum dan sesudah intervensi. Yaitu pada sajian protein, manfaat buah dan sayur (p=0,000); topik manfaat karbohidrat, manfaat protein (p=0,008); sajian karbohidrat, sajian buah dan sayur, manfaat konsumsi air, manfaat gula dan garam dan sajian gula dan garam (p=0,000); sajian air (p=0,025). Kesimpulan penelitian: media pembelajaran yang menarik dijadikan salah satu alternative dalam memberikan Pendidikan kesehatan pada masyarakat. Media piring-ku dapat digunakan untuk memberikan pendidikan kesehatan pada ibu untuk pembelajaran mengenai porsi makanan pada anak.


Keywords


anak usia sekolah; media pendidikan; nutrisi; piring makan

References


Asakura, K., Todoriki, H., & Sasaki, S. (2017). Relationship between nutrition knowledge and dietary intake among primary school children in Japan : Combined effect of children ’ s and their guardians ’ knowledge. Journal of Epidemiology, 27(10), 483–491. https://doi.org/10.1016/j.je.2016.09.014

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar tahun 2013. Jakarta: Depkes RI

Campbell KJ, Abbott G, Spence AC, Crawford DA, McNaughton SA, Ball K. Homefood availability mediates associations between mothers' nutrition knowledgeand child diet.Appetite. 2013;71:1e6.

Gould, MK., Hovland K, Williams K, Bender T, Markun FO. (2014). School-Based Nutrition Education Program Improves Second Grade Students’ Nutrition Knowledge. Journal of The Academy of Nutrition and Dietetics. September 2014 Suppl 2—Abstracts Volume 114 Number 9

Huye, H., Molaison, E., & Kingston, R. (2016). Poster Session : Wellness and Public Health. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 116(9), A35.

https://doi.org/10.1016/j.jand.2016.06.119

J.K. Ransley, E.F. Taylor, Y. Radwan, M.S. Kitchen, D.C. Greenwood, J.E. Cade Does nutrition education in primary schools make a difference to children's fruit and vegetable consumption? Public Health Nutr, 13 (2010), pp. 1898-1904

Kelly Williams RDN, CD AliciaDill RDN, CD Sara Lindberg PhD. 2019. FP17 Changes in Nutrition Knowledge, Attitudes, and Behavior After Implementation of Serving Up MyPlate and Vegetable Taste Tests. Journal of Nutrition Education and Behavior. Volume 51, Issue 7, Supplement, July–August 2019, Pages S31-S32. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2019.05.589

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Gizi Seimbang 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2014.

Lisa Kakinami, PhD; Stephanie Houle-Johnson, BA; Jennifer J. McGrath, PhD, MPH. 2016. Parental Nutrition Knowledge Rather ThanNutrition Label Use Is Associated With Adiposityin Children. Journal of Nutrition Education and Behavior, Volume 48, Number 7, 2016.

Sundblom, E., & Elinder, L. S. (2015). Effectiveness of universal parental support interventions addressing children’s dietary habits, physical activity and bodyweight: A systematic review. Preventive Medicine, 77, 52–67. http://doi.org/10.1016/j.ypmed.2015.05.005

Williams L, Campbell K, Abbott G, Crawford D, Ball K. Is maternal nutritionknowledge more strongly associated with the diets of mothers or their school-aged children?Public Health Nutr. 2012;15:1396e1401


Full Text: PDF

ISSN: 2963-2145