PELATIHAN ETHNOMATEMATIKA BAGI GURU SD UMP

Kusno Kusno, Eka Setiyaningsih, Chumaedi Sugihandardji, Makhful Makhful

Abstract


Etnomatematika adalah cabang baru dalam pendidikan matematika yang merekomendasikan cara-cara
pengkajian terhadap materi matematika yang berada dalam budaya siswa. Permasalahannya masih sedikit upaya
pengkajian materi matematika yang berbasis etnomatematika khususnya dikalangan guru SD. Tujuan dari
pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam menggali materi
matematika yang berbasis pada budaya siswa. Adapun mitra dalam pengabdian adalah guru-guru SD UMP yang
berlokasi di Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Strategi pemecahan masalah yang
digunakan dalam pengabdian ini adalah bedah buku panduan Etnomatematika pada budaya siswa, simulasi
eksplorasi materi matematika berbasis etnomatematika dan pendampingan eksplorasi etnomatematika. Metode
pengumpulan data dalam pengabdian ini menggunakan test terhadap kemampuan pemahaman etnomatematika
mitra. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan keterampilan mitra terhadap
etnomatematika baik. Hasil pengabdian etnomatematika ini sangat penting untuk merekomendasikan
pengembangan kurikulum matematika yang berbasis pada kearifan lokal.


Keywords


Budaya; Etnomatematika; Matematika

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145