PELATIHAN MENULIS OPINI PUBLIK UNTUK MEMBUDAYAKAN LITERASI PADA GURU SD MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

Eko Muharudin, Elly Hasan Sadeli, Itsna Nurrahma Mildaeni

Abstract


Kemampuan dan keterampilan literasi sangat berpengaruh pada keberhasilan kegiatan belajar mengajar di
sekolah. Pembudayaan literasi harus diterapkan di lingkungan pendidikan. Guru dan tenaga pengajar harus
mempunyai keterampilan literasi di era revolusi industri 5.0, terutama keterampilan menulis untuk mendukung
kompetensi pedagogi. Tujuan kegiatan ini adalah (1) memberi pemahaman tentang pentingnya budaya literasi
dengan penulisan kreatif dan (2) memberi pemahaman tentang teknis menulis opini publik dengan standar baku
bahasa Indonesia untuk menunjang kegiatan pendidikan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan pelatihan
menulis opini publik yang terstruktur. Hasil dalam kegiatan ini yaitu (1) meningkatnya pemahaman tentang
pembudayaan keterampilan literasi dengan menulis kreatif di era globalisasi, (2) meningkatnya pemahaman teknis
menulis opini publik dengan standar baku bahasa Indonesia, dan (3) terampil dalam menulis opini publik untuk
menunjang kegiatan pendidikan.


Keywords


guru sekolah dasar; literasi; opini public

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2963-2145