Efek mediasi Etos Kerja pada Pengaruh Religius terhadap Kesuksesan (kinerja) Bisnis

Hengky Widhiandono, Suyoto Suyoto, Alfalisyado Alfalisyado

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek mediasi etos kerja pada pengaruh religious terhadap kesuksesan
(kinerja) bisnis pengusaha UMKM pada masa Pandemi Covid 19 di Banyumas, Jawa Tengah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengusaha usaha kecil dan menengah di Banyumas sekitarnya dengan sampel sebanyak 53 pengusaha UMKM dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah Smart PLS (partial Least Square). Berdasarkan analisis PLS-SEM, religius berpengaruh secara positif dan tidak signifikan dapat terhadap Kesuksesan (kinerja) bisnis pada masa epidemi Covid 19. Etos kerja berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap Kesuksesan (kinerja) bisnis pada masa epidemi Covid 19, Religius berpengaruh secara positif dan tidak signifikan dapat terhadap etika bisnis pada masa epidemi Covid 19 dan Tidak terdapat efek mediasi Etos kerja pada pengaruh Religius terhadap Kesuksesan (kinerja) bisnis pada masa epidemi Covid 19. Nilai R2 sebesar 0,389 atau 38,9% artinya Kesuksesan wirausaha dapat dipengaruhi variabel kompetensi, religius, dan etos kerja 38,9% sedangkan sisanya 61,1% dipengaruhi variabel lain. Sedangkan etos kerja dipengaruhi oleh religius sebesar 23,6%. Nilai Blind Folding Q2 variabel Kesuksesan kewirausahaan (Y) telah diatas 0 maka dapat dikatakan model baik. Sedangkan nilai model fit sebesar 0,664 artinya bahwa ketepatan model sebesar 66,4%.


Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.