TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL DI ERA GLOBALISASI

Ngadiyan Ngadiyan

Abstract


Sebagai sistem sosial, lembaga pendidikan memiliki fungsi dan peran dalam perubahan masyarakat yang lebih baik. Kedudukan pendidikan dalam struktur sosial memiliki peranan yang penting, karena pendidikan dapat dikatakan sebagai agent of change, karena melalui pendidikan, ide-ide atau gagasan baru untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas muncul. Secara empiris, penelitian ini berusaha mengupas tentang bagaimana sebuah proses transformasi dalam dunia pendidikan, yang tentunya tidak lepas dari sinergi antara struktur dengan agen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi Edmund Husserl dengan pisau analisis Teori Strukturalis Anthony Giddens. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah penentu kebijakan dari proses transformasi itu sendiri yaitu kepala sekolah dan guru, sebagai pelaksana dari aplikasi metode pembelajaran di MINU(Madrasah Ibtidaiyah Nahdratul Ulama) KH. Mukmin. Pemilihan informan dilakukan secara purpossive. Data diperoleh melalui Observasi, Indepth Interview serta dokumentasi.Dalam perubahannya menjadi full day school, ikut disertai juga perubahan struktur organisasi, kepemimpinan, dan khususnya dalam penerapan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan lebih mengarah pada student center. Dan variasi pembelajaran diperoleh dari pengadopsian sistem pembelajaran Negara Barat


Keywords


transformasi full day school, pembelajaran

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.