DESAIN GENERATOR MAGNET PERMANEN PADA SEPEDA STATIS SEBAGAI PENGHASIL ENERGI LISTRIK ALTERNATIF

Hasyim Asyari, Abdul Basith, Yoga Adi Kusuma

Abstract


Sepeda statis merupakan jenis peralatan olahraga yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjaga Kesehatan tubuh dan pembakaran kalori. Alat ini bekerja dengan cara mengkayuh pedal sehingga roda sepeda berputar, sehingga pengguna mendapatkan informasi jarak tempuh, kalori yang terbakar, kecepatan laju. Peralatan sepeda statis akan memiliki fungsi lebih ketika roda yang berputar digunakan untuk menggerakkan generator penghasil energi listrik. Tujuan penelitian ini adalah mendesain generator magnet permanen pada sepeda statis penghasil energi listrik alternative

Metode penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu mendesain generator magnet dengan menggunakan 6 buah magnet permanen. Instalasi generator magnet permanen pada sepeda statis, dan tahap terakhir adalah pengujian skala laboratoium yaitu mengayuh pedal sepeda statis sehingga didapatkan variasi kecepatan putar roda (rpm) sepeda terhadap jarak tempuh, kalori terbakar dan daya listrik yang dihasilkan.

Hasil pengujian diatur kecepatan putar generator sinkron magnet permanen pada kisaran 200 RPM; 500 RPM; 700 RPM; 1.000 RPM dan 1.200 RPM. Pada saat kecepatan putar tertinggi yaitu 1,200 RPM maka jarak yang ditempuh sekitar 170 m, daya listrik yang dihasilkan lebih dari 17 watt, dan kalori yang terbakar mendekati 180 Kal.

 


Keywords


Generator Magnet Permanen, Sepeda Statis, Daya Listrik, Pembakaran kalori, Energi Alternatif

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.