PERAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19

Rr. Setyawati, Dinarsari Ekadewi, Melati Ismi Hapsari

Abstract


 

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya krisis di berbagi segi kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan sebagai salah satu sektor yang paling parah terdampak. Proses belajar tanpa kehadiran guru dan murid di kelas, berpotensi mengurangi kualitas pendidikan. Siswa PAUD belum mampu atau belum saatnya mengoperasikan gawai sebagai alat pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran literasi digital bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran daring selama Pandemi Covid 19.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian action research. Subjek utama penelitian ini adalah 34 (tigapuluh empat) guru Pendidikan Anak Usia Dini Aisyiyah Kabupaten Banyumas. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas jenis data primer dan data sekunder.  Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari subjek utama dan subjek pendukung beserta hasil observasinya. Data sekunder adalah data yang berupa arsip, dokumen atau data statistik yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan FGD (Diskusi

Kelompok Terarah). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan model analisis interaktif dari Milles dan Huberman, yang komponennya terdiri atas reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dengan proses pengumpulan data berbentuk siklus.

Hasil penelitian menunjukan masih rendahnya kemampuan literasi digital guru Pendidikan Anak Usia Dini padahal sejak pandemi Covid 19. Pandemi Covid-19 membawa pengaruh pada penguasaan ketrampilan literasi digital dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari oleh guru PAUD. Profesi guru di era digital menuntut penguasaan kemampuan literasi digital, merupakan suatu kompetensi yang harus dikuasai oleh para Guru PAUD. Di era digital ini, peran guru telah bergeser dari sekedar penceramah menjadi pengelola perilaku sosial dan emosi siswa; mentor untuk pembelajaran dan pengembangan muridnya secar holistik.


Keywords


literasi digital, online, daring, Guru PAUD

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.