MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE BAGI PEMUDA/PELAJAR MUHAMMADIYAH DAN POKDARWIS DI DESA WISATA BUMISARI

Dedy Irawan, Karma Iswasta Eka, Aji Heru Muslim, Suwarno Suwarno

Abstract


Salah satu tantangan bagi daerah wisata dalam revolusi industry 4.0 adalah keberadaan system informasi daerah tujuan wisata. Website menjadi salah satu media yang pontensial untuk membangun citra positif daerah tujuan wisata di dunia maya. Hal ini harus idi antisipasi pengelaolaan daerah tujaun wisata akibat persaingan yang tinggi. Desa Bumisari Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga adalah sebuah desa yang berada di wilayah perbukitan. Desa Bumisari mempunyai potensi wisata yang layak dipromosikan melalui penataan ekowisata dan promosi melalui website yaitu air terjun atau Curug Duwur. Namun dalam dunia maya Kawasan ini tidak terekspos secara maksimal. Keterbatasan kemampuan pihak pengelola dalam mempromosikan melalui website adalah ekndala utama yang dihadapi. Untuk memenuhi kegiatan pemasaran online maka dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan metode pelatihan website kepada pemuda/pelajar Muhammadiayah dan pokdarwis desa Bumisari. Hasil kegiatan pelatihan ini memberikan manfaat yang besar karena peserta dapat memahami materi pelatihan dengan baik, peserta dapat menambah pengetahuan, keterampilan pembuatan dan pengelolaan website, dan peserta dapat langsung menerapkan hasil dari pelatihan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Objek Wisata, Pelatihan Website, Desa Wisata

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.