KESIAPAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Subuh Anggoro, Anna Sukmawati, Karma Iswasta Eka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru, peserta didik dan orang tua dalam pembelajaran berbasis e-learning. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang berbeda dengan penelitian yang lain, dimana didalamnya membahas mengenai pemahaman sosial. Penelitian ini dapat menghasilkan penemuan yang ada secara menyeluruh atau mendalam. Partisipan pada penelitian ini terdapat Responden 46 guru, responden 178 peserta didik, responden 117 orangtua peserta didik. Tahap pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi adalah kegiatan pengamatan terhadap suatu objek yang dilakukan oleh peneliti, kuesioner merupakan pemberian pertanyaan kepada responden, wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk memperkuat jawaban yang diberikan oleh responden. Penelitian ini menghasilkan data bahwa guru sudah siap menggunakan e-learning dalam pembelajaran dilihat dari banyaknya guru yang sudah memahami e-learning dan menerapkan pembelajaran e- learning dan kegiatan pembelajaran e-learning ini berjalan dengan baik dan keberhasilan dilihat dari banyaknya peserta didik yang merasa lebih senang mengikuti pembelajaran berbasis e-learning dan orang tua belum siap dilihat dari banyak orang tua yang sibuk dengan bekerja sehingga tidak dapat mendampingi peserta didik dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


kesiapan guru, pembelajaran daring, sekolah dasar

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.