ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING SAAT MASA PANDEMI

Diana Ariswanti Triningtyas, Nadela Anita Sari, Lailatul Khoiriyah, Bagus Arya Wibawa

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana problematika pembelajaran daring saat masa pandemi. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII pada SMP Negeri 11 Kota Madiun, dengan jumlah subjek adalah 30 orang. Prosedur dalam penelitian dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pra persiapan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model analisis Miles & Huberman, yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring saat masa pandemi memunculkan beragam problematika yang dialami oleh peserta didik. Sejumlah problematika yang dialami oleh peserta didik yakni kesulitan dalam pemahaman materi yang diberikan oleh guru, tidak memiliki kuota internet karena kemampuan secara finansial orang tua yang terbatas, tidak semua peserta didik memiliki smartphone, jaringan koneksi internet yang kurang stabil, tidak adanya sinyal dan kalaupun bisa tersambung sinyal kerap timbul tenggelam, dan mengantuk saat mengikuti pembelajaran daring pada beberapa peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapatlah disimpulkan bahwa pembelajaran daring saat masa pandemi menjadi kurang efektif apabila muncul beragam problematika. Hal ini perlu disikapi dengan mengatasi kendala- kendala yang dialami oleh peserta didik. Keterbatasan penelitian dan solusi terkait penelitian akan dibahas lebih lanjut.


Keywords


Problematika, Pembelajaran Daring

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.