PENGEMBANGAN MODUL EVALUASI PENDIDIKAN BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA PGSD

Pamujo Pamujo

Abstract


Penelitian bertujuan  : 1) menghasilkan  Modul  Evaluasi Pendidikan berbasis STEAM  yang  layak . 2) Mengetahui respon dosen terhadap penggunaan Modul  Evaluasi Pendidikan berbasis STEAM. 3) Mengetahui respon  mahasiswa terhadap penggunaan Modul   Evaluasi Pendidikan berbasis STEAM. 4) Mengetahui pengaruh penggunaan Modul Evaluasi Pendidikan berbasis STEAM terhadap prestasi belajar mahasiswa smester V PGSD.  Metode penelitian dan prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Sugiyono (2015:409) terdiri atas: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk;4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi masal. Penelitian dilakukan pada mahasiswa smester V prodi  PGSD. Teknik  pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non, yaitu  (1) Lembar observasi; (2)  Lembar angket; (3) Lembar validasi dan instrumen tes. Uji coba dilakukan  menggunakan desain eksperimen pre test-post test control group desaign. Analisis data efektivitas dilakukan   dengan  menguji perbedaan skor pretest dan skor postest  menggunakan  N-gain. Hasil penelitian menunjukan kelayakan modul oleh ahli materi sebesar 3,23 yang termasuk dalam kategori “layakâ€, ahli media sebesar 3,66 termasuk kategori layak. Sedangkan hasil uji coba efektifitas menunjukan N-gain kelas eksperiment sebesar 0,33 sedangkan kelas kontrol 0,19. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis STEAM  layak dan efektif digunakan pada mata kuliah Evaluasi Pendidikan.


Keywords


Modul Evaluasi, Model R&D Sugiyono dan STEAM

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.