PENINGKATAN KETRAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGY

Naniek Sulistya Wardani, Krisma Widi Wardani, Tri Nugroho Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini  merupakan hasil dari pengabdian masyarakat yang  bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan Guru membuat video pembelajaran SD. Pelaksanaan kegiatan menggunakan daring (dalam jaringan). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart dan prosedur 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah Guru-guru SD di lingkungan Jawa Tengah. Tehnik pengumpulan data melalui projek berupa video. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji ketuntasan rata – rata, uji ketuntasan proporsi serta uji n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketrampilan guru dalam membuat video pembelajaran sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan andragogy terbukti yang ditunjukkan oleh 1)peningkatan ketrampilan guru dalam membuat video pembelajaran pada pra siklus mencapai 33,81% dari 139 peserta (Prasiklus), setelah diberi informasi (tindakan) ketuntasan membuat video naik menjadi 56,30% (siklus 1) dan dengan pendampingan (tindakan), ketuntasan dalam membuat video mencapai 88,39 % dari 112 peserta (siklus 2). Jadi peningkatan ketrampilan membuat video pembelajaran mencapai 54,58 %. 2) terdapat ketuntasan rata-rata individual yang mencapai skor 91 jauh diatas KKM 70 pada siklus 2 dengan nilai alpha sebesar 0,05 maka Thitung lebih besar dari Ttabel (5,41 > 1,82); 3) terdapat  ketuntasan membuat video pembelajaran rata-rata klasikal dengan pengujian z hitung lebih besar dari  z tabel (1,82 > 1,64), dan 4) peningkatan ketrampilan guru dalam membuat video melalui pendekatan andragogy menunjukkan kategori rata-rata pada hasil uji N gain 0,556 pada prasiklus ke siklus 1, peningkatan juga terjadi pada siklus 1 ke siklus

2 dengan kategori tinggi  dengan N gain 0,867 dan peningkatan yang terjadi dari pra siklus ke siklus 2 termasuk dalam kategori tinggi dengan N gain 0,929. Peningkatan ketrampilan Guru dalam membuat video pembelajaran untuk SD meliputi   kesesuaian tayangan   dengan alur praktik pembelajaran, kelengkapan keterangan berupa teks,   komposisi gambar, kualitas mixing audio, kejernihan audio, kejelasan artikulasi, kualitas pencahayaan dan ketepatan durasi. Kesimpulan terdapat peningkatan ketrampilan Guru dalam membuat video pembelajaran SD.


Keywords


ketrampilan, peningkatan, video pembelajaran

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.