NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BISMA DEWABRATA KARYA SATYAGRAHA HOERIP SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Sri Utorowati, Sukristanto Sukristanto, Eko Sri Israhayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bisma Dewabrata karya Satyagraha Hoerip, kriteria pemilihan bahan pembelajaran sastra yang dapat menumbuhkan karakter yang positif pada siswa, dan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dalam pembelajaran sastra di SMA. Melalui kegiatan penelitian yang dilakukan dapat diperoleh gambaran adanya nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut. Penelitian tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Bisma Dewabrata dapat memberi wawasan bagi pembaca bahwa karya sastra tidak sekadar menawarkan hiburan, tetapi dapat pula memberikan manfaat jika kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Novel Bisma Dewabrata karya Satyagraha Hoerip, merupakan novel yang mengenalkan budaya pewayangan kepada pembaca. Melalui penelitian ini diperoleh hasil bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Bisma Dewabrata meliputi: (1) nilai religius, (2) hormat, (3) tanggung jawab, (4) jujur, (5) peduli sosial, (6) demokratis, (7) cinta damai, (8) peduli lingkungan, (9) kreatif, (10) bersahabat, (11) ikhlas, (12) menghargai prestasi, (13) disiplin, (14) prihatin, (15) cinta tanah air, dan (16) budi luhur. Novel Bisma Dewabrata karya Satyagraha Hoerip ini, sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA untuk siswa kelas XII semester genap pada Kompetensi Dasar: 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan materi pembelajaran “unsur intinsrik dan ekstrinsikâ€. Dengan membaca novel Bisma Dewabrata diharapkan para siswa dapat meneladani karakter-karakter mulia yang terdapat dalam novel tersebut. Dengan demikian novel tersebut dapat menumbuhkan karakter yang positif pada para siswa. Penerapan pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi lima tahap, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan.


Keywords


pendidikan karakter, pendekatan saintifik, novel

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.