IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO KELOMPOK GURU SD UMP

Eko Priyanto, Tukiran Tukiran

Abstract


 Kegiatan program ini diharapkan memberikan bekal ketrampilan kepada mitra yang merupakan para guru SD UMP, sehingga mereka dapat mengajar dengan model pembelajaran portofolio, yang menyebabkan kelas menjadi hidup, siswa tidak jenuh, dan   terutama dalam melaksanakan profesi mereka sebagai pendidik dan guru, serta dapat meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Kelompok Guru SD UMP, sangat berperan dalam pembentukan karakter generasi muda, melalui proses pembelajaran. Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan alternatif cara belajar siswa aktif (CBSA) dan cara mengajar guru aktif (CMGA). Merupakan satu bentuk dari praktek belajar kewarganegaraan, yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pengalaman belajar praktik-empirik.


Keywords


pembelajaran portofolio, CBSA, CMGA, inovasi pembelajaran

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.