PELATIHAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN METODE TSAQIFA PADA PARA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN PIMPINAN RANTING MUHAMMADIYAH PABUWARAN PURWOKERTO

Makhful Makhful, Wage Wage

Abstract


Kegiatan ini merupakan pelatihan membaca Al Qur’an dengan menggunakan metode Tsaqifa pada para Guru Taman Pendidikan Al  Qur’an Pimpinan Ranting  Muhammadiyah Pabuwaran Purwokerto bertujuan memberikan dorongan atau motivasi dan kesadaran untuk lebih giat lagi  mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an sebagai sumber hukum Islam.

Para peserta memiliki motivasi dan tertarik untuk mengajarkan Al Qur’an dengan menggunakan metode Tsaqifa mengingat metode ini bisa menjadi sebuah metode alternatif pembelajaran membaca Al Qur’an yang dirancang khusus untuk orang dewasa yang belum mampu membaca Al Qur’an, cukup dengan 5 kali pertemuan bisa membaca Al Qur’an dengan tingkat dasar, meskipun sebelumnya tidak mengenal huruf hijaiyah. Metode ini meliputi karakteristik yang berbeda  dengan  metode lainnya yaitu sistematis, fleksibel, praktis, fariatif dan dan CBSA. Tahapan dalam metode Tsaqifa meliputi motivasi dan tes kemampuan.

Harapan tim pelaksana dan mitra terhadap kegiatan pelatihan membaca Al Qur’an dengan metode Tsaqifa pada para Guru Taaman Pendidikan Al Qur’an Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pabuwaran Purwokerto dapat mendorong aktivis terus membesar dalam praktiknya. Selain itu, pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an secara terlembaga terus senantiasa diupayakan agar pembelajaran Al Qur’an bisa menggunnakan metode Tsaqifa sebagai alternatif dari metode Iqra’ atau metode -metode lain yang telah ada.


Keywords


Al Qur’an, Pelatihan, Pendidikan, Tsaqifa

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.