PELATIHAN INTEGRASI KEPEMIMPINAN GURU MATEMATIKA DENGAN NILAI-NILAI ISLAM

Kusno Kusno, Ahmad Ahmad, Malim Muhammad

Abstract


Nilai-nilai Islam dalam kepemimpinan guru adalah kunci kesadaran moral dan spiritual peserta didik. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan bekal kemampuan kepada guru matematika di SMP/MTs Muhammadiyah Purwokerto untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kepemimpinan guru. Subjek pengabdian adalah guru-guru Matematika di SMP Muhammadiyah Purwokerto yang berjumlah 17 orang yang dipilih secara acak dari sejumlah guru Matematika SMP dan MTs Muhammadiyah Purwokerto. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan metode penyuluhan, demonstrasi, diskusi yang dilakukan secara daring. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis deskriptif. Respon peserta pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan integrasi kepemimpinan guru matematika dengan nilai-nilai Islam sebagai berikut, materi relatif baru (80), sesuai tuntutan abad 21 (90), penting untuk diterapkan di Sekolah (86), mudah di pahami (84), menarik minat untuk menerapkan pendidikan karakter di sekolah (90), menginspirasi guru (86), menyentuh nilai-nilai religuistas (90), dapat menambah wawasan (90), bersifat kontekstual senilai (86).


Keywords


Kepemimpinan guru, Integrasi, Matematika, Nilai-nilai Islam

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.