PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN GURU DAN MURID

Laeliya Hikmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana perspektif pendidikan menurut Al-Ghazali, (2) mendiskripsikan bagaimana manajemen guru dan murid menurut Al-ghazali; (3) serta mendiskripsikan bagaimana penerapan manajemen guru dan murid menurut Al-Ghazali terhadap pendidikan di Indonesia saat ini Jenis peneitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yaitu membahas bagaimana pemikiran Al-Ghazali tentang dunia pendidikan Islam khusunya dalam hal Manajemen Guru dan Murid serta bagaimana penerapan metode manajamene tersebut jika diterapkan pada saat ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai kajian pustaka baik berupa buku, artikel, jurnal terdahulu dan dokumen lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran Islam bagi Al-Ghazali ialah pembelajaran yang mau menjadikan manusia jadi insan yang paripura yang nantinya hendak menggapai hidup senang di dunia serta akhirat dengan bertaqarrub kepada Allah lewat ilmu yang telah ia miliki melalui proses pembelajaran, (2) Ciri-ciri guru yang baik menurut Al-Ghazali yaitu bahwa seorang guru haruslah memiliki sikap (a) mencintai murid seperti mencintai anaknya sendiri sehingga dapat menjalin kedekatan yang baik dengan muridnya, , (b) menekankan kepada murid bahwa tujuan menuntut ilmu adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah untuk kebahagiaan di dunia dan akherat, (c) harus bisa menjadi uswatun hasanah bagi muridnya, (d) memahami tingkat kemampuan berpikir muridnya dalam memberikan pengajaran, (e) hanya mengharapkan jika ilmu yang telah disampaikan kepada anak didik diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu sebagai seorang murid haruslah bersikap rendah hati, bersikap saling menyayangi saling menolong serta menumbuhkan
rasa kasih sayang dengan sesama teman, sehingga dapat terhindar dari madhzhab tertentu yang akan mengacaukan
pikiran. (3) bahwa konsep manajemen guru dan muridmenurut Al-gahazali sangat relevan dengan konsep kurikulum di
Indonesia pada saat ini yaitu kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada Pendidikan Agama dan Akhlak Mulia.


Keywords


pendidikan, ,manajemen guru, manajemen murid

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.