HUBUNGAN KOMPETENSI PERAWAT DENGAN MUTU PELAYANAN KEPERWATAN DI PUSKESMAS KABUPATEN

Etlidawati Etlidawati, Rizka Setiyani

Abstract


Latar Belakang : Kompetensi bagi seorang perawat itu sangat penting dalam melakukan asuhan keperawatan. Kemampuan dalam melakukan tindakan keperawatan dilakukan berdasarkan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh perawat itu sendiri. Selain mengutamakan pengetahuan dan ketrampilan juga harus bersikap ramah dan supel pada pasien. Pasien selalu mendapatkan pelayanan keperawatan yang bagus serta penyampaian informasi yang diberikan oleh perawat pada pasien mudah dimengerti. Penyampaian informasi disampaikan pada pasien dengan pengetahuan yang cukup yang dimiliki oleh perawat serta dalam melakukan tindakan keperawatan pun begitu sangat tanggap dan trampil..
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan kompetensi perawat dengan mutu pelayanan keperawatan di Puskesmas Kabupaten Banyumas.
Metode : Penelitian ini menggunakan Cross Sectional. Sampel penelitian ini adalah perawat di Puskesmas Kabupaten Banyumas yang berjumlah 33 perawat. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi Square.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara kompetensi perawat dengan mutu pelayanan keperawatan dengan nilai p-value 0,01 <0,05. Kesimpulan : Kompetensi perawat dan mutu pelayanan keperawatan berhubungan kuat di Puskesmas Kabupaten Banyumas dengan keeratan korelasi sebesar 0,795 dengan skala keeratan 0,60 – 0,799.


Keywords


kompetensi perawat, mutu pelayanan keperawatan

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.