PENGARUH MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

Fidela Raida Hasna, Titik Kusumawinakhyu, Wiharto Wiharto, Iffah Qoimatun

Abstract


Latar Belakang: Stress adalah kondisi medis psikologis yang sering dialami dalam kehidupan manusia, yakni merupakan perasaan mengalami ketegangan dan tekanan. Banyak stressor yang dapat terjadi pada mahasiswa kedokteran seperti tekanan akademik, masalah psikosial, kekhawatiran terhadap masa depan, kurangnya waktu serta masalah finansial. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi stress diantaranya adalah melalui sistem pendukung, meditasi dan musik klasik atau religi. Metode religi dapat menciptakan energi positif untuk menurunkan stress yang dilakukan dengan cara berdzikir, berpuasa, membaca Al-Qur'an, dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an (murottal).
Tujuan: Mengetahui pengaruh mendengarkan murottal Al-Qur'an terhadap tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Metode: Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian komparatif dengan metode deskriptif analitik dengan pendekatan Quasi Experiment. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks.
Hasil: Pada penilitian ini didapatkan perbedaan DASS pre dan post pada kelompok perlakuan dengan hasil nilai p<0.001. Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara mendengarkan murottal Al-Qur'an terhadap tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam menghadapi ujian MCQ.


Keywords


tingkat stress, murottal, mahasiswa

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.