STRATEGI GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID 19 DI SMA MUHAMMADIYAH NGLUWAR

Panrois Panrois, Imam Mawardi

Abstract


Penguatan pendidikan karakter ini dapat dilakukan oleh guru ketika memberikan kegiatan pembelajaran melalui daring. Berdasarkan hal tersebut maka dapat kita lihat bagaimana strategi guru dalam penguatan pendidikan karakter dimasa pandemi covid 19 di SMA Muhammadiyah Ngluwar. Dan apa langkah-langkah yang di lakukan oleh guru dalam penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran secara daring. Tentunya dari uraian diatas memiliki tujuan untuk dapat mendeskripksikan strategi guru dalam penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMA Muhammadiyah Ngluwar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Pengumpulan data didapatkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari 14 guru setuju semua zoom meeting sebagai media pembelajaran daring pada SMA Muhammadiyah Ngluwar dengan melihat pertimbangan zoom meeting lebih mudah untuk diakses, penguatan karakter yang di harapkan yaitu: Pertama, melalui strategi pembelajaran, Kedua, melalui keteladanan, Ketiga, melalui penguatan dan sanksi, dan Keempat, melalui penilaian. Dalam penggunaan zoom meeting sebagai media pembalajaran daring akan didapatkan nilai karakter religious, nasionalis, dan integritas.


Keywords


character, zoom, religious, nationalist, integrity

Full Text: PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.