PELATIHAN ANALISIS TES MENGGUNAKAN SOFTAWRE ANATES DAN ITEMAN
Abstract
Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan literasi dan keterampilan para guru di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dalam menggunakan software ANATES dan ITEMAN untuk menganalisis kualitas tes hasil belajar. Berdasar pada analisis kebutuhan pelatihan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto sebagai mitra IbM diketahui bahwa 87 % guru belum mengenal software ANATES dan ITEMAN yang dapat digunakan untuk membantu menganalisis kualitas soal secara efektif, dan semua responden membutuhkan dua software tersebut. Dengan dasar analisis tersebut, maka dilakukan kerjasama kemitraan antara Tim IbM dengan sekolah tersebut. Adapun metode pelatihan yang digunakan yaitu metode ceramah dan praktik mandiri yang dilaksanakan di ruang aula SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Akhir dari pelatihan dilakukan balikan melalui google form sebagai self-assessment dan praktik secara mandiri. Secara garis besar, hasil evaluasi tersebut dapat dipetakan menjadi tiga bagian, yaitu: pertama, ada kenaikan 82,5 % dalam ranah pengetahuan peserta, yang terdiri dari 32 peserta dari enam rumpun mata pelajaran, dengan rincian peningkatan pengetahuan 90 % untuk program ANATES, dan 85 % untuk ITEMAN. Kedua, para peserta sangat antusias, aktif, dan apresiatif dalam pelatihan ini dari awal sampai akhir pelatihan. Ketiga, kemampuan para peserta dalam menjalankan kedua program tersebut reratanya sangat baik, untuk kemampuan menjalankan program ANATES ada kenaikan 90%, namun pada kemampuan menjalankan program ITEMAN kenaikannya baru 80 %.
Keywords

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggal Penting: |
Batas Akhir Pengumpulan Abstrak
24 November 2021 (Pukul 15.00 WIB)
Pengumuman Abstrak Diterima
24 November 2021
Batas Akhir Pengumpulan Full Paper
30 November 2021
Batas Pembayaran
2 Desember 2021
Pelaksanaan Seminar Nasional
4 Desember 2021
Pendaftaran: |
Pembayaran: |
Pembayaran Melalui Rekening
Bank BRI Cabang Purwokerto
a.n LPPM UMP
No Rek. 1792-01-002046-53-5

